1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>
Image 1
SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS PERTANIAN KABUPATEN PONOROGO

Mengenal Gejala dan Penanggulangan Penyakit BPKC pada Cengkeh

Written by Perkebunan

31 December 2013

Diperta Ponorogo.Cengkeh merupakan salah satu tanaman unggulan subsektor perkebunan di Kabupaten Ponorogo. Namun saat ini produktifitasnya terus mengalami penurunan akibat serangan penyakit bakteri pembuluh kayu cengkeh (BPKC) yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas syzigii. Tingkat kehilangan produksi karena serangan penyakit ini bisa mencapai 10-15%. Serangan penyakit BPKC terluas ditemui di Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Ngebel, dan sekitar 80% tanaman cengkeh di daerah ini mati.

Penularan penyakit BPKC umumnya mengikuti arah angin melalui vektor serangga Hindola fulfa (di Sumatera) dan Hindola striata (di Jawa). Penularan penyakit ini dapat pula melalui alat-alat pertanian seperti golok, gergaji, sabit yang digunakan untuk memotong pohon terjangkit.

 

Poktan Hutan Hargo Seto Kab.Ponorogo Terbaik III Tk.Nasional

Written by Kehutanan

31 December 2013

Diperta Ponorogo.Masyarakat Desa Sampung Kecamatan Sampung pantas berbangga karena hasil kerja Kelompok Tani Hutan Hargo Seto yang mereka rintis mendapat pengakuan secara nasional. Kelompok Tani Hutan yang dinahkodai Bapak Poejo ini berhasil menyabet Predikat Terbaik III Nasional pada Lomba Wana Lestari Tahun 2013 Kategori Kelompok Tani Hutan Nasional.

Predikat ini diperoleh berkat berprestasinya dalam melaksanakan, mengajak, dan menggerakkan masyarakat sekitar hutan pada kegiatan pelestarian hutan dan alam serta pemberdayaan masyarakat di areal tambang batu kapur di Desa Sampung. Penyerahan pengahargaan atas prestasi ini disampaikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan kepada Ketua Kelompok Bapak Poejo di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2013 lalu, dan dilanjutkan dengan bersilahturahmi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Potensi Pengembangan Tanaman Obat di Kabupaten Ponorogo

Written by TPH

19 December 2013

Tanaman Obat

Ponorogo.Tanaman obat atau yang biasa di sebut dengan biofarmaka merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi kita. Sejak nenek moyang kita tanaman obat dijadikan andalan sebagai sarana penyembuhan berbagai macam penyakit. Seiring dengan kemajuan jaman, ternyata tanaman obat semakin banyak digunakan tidak hanya untuk sarana penyembuhan tetapi juga digunakan untuk bahan baku kosmetika, makanan suplemen, aroma terapi dan lain sebagainya. Peningkatan kesadaran sebagian besar orang akan pentingnya kembali ke alam (back to nature) mendorong banyak orang memilih obat-obat herbal sebagai solusi kesehatanya. Hal ini memberikan peluang yang sangat besar bagi petani tanaman obat untuk meningkatkan produksi maupun produktivitasnya guna mensuplai pengusaha atau industri berbahan dasar tanaman obat tersebut. Sehingga tanaman obat akan mampu sejajar dengan produk hortikultura lainnya yang mempunyai prospek yang sangat cerah sebagai komoditas eksport maupun untuk pemasaran dalam negeri.

Agenda Dinas Pertanian

-- -- -- --

Video kegiatan

 

Pengumuman Lelang

Who's Online

We have 3 guests online

Link Terkait

Statistics

OS : Linux d
PHP : 5.3.27
MySQL : 5.5.36-cll
Time : 23:46
Caching : Disabled
GZIP : Enabled
Members : 9
Content : 167
Web Links : 6
Content View Hits : 58890